Didalam artikelnya yang cukup terkenal "Different or Remarkable?", pakar marketing dunia Seth Godin mempertanyakan perlunya marketer untuk menjadi sebuah perusahaan atau organisasi yang memiliki perbedaan yang membuatnya unik dari para pesaing di lingkup pasar yang sama atau harus berjuang menjadi yang terbaik di bidang bisnisnya itu.
Godin berpendapat bahwa diferensiasi dalam marketing itu merupakan wujud keegoisan. Saat Anda menyaksikan pesaing-pesaing di sekitar Anda, Anda bisa melakukan upaya diferensiasi agar tetap mampu bertahan. diferensiasi sendiri memiliki makna tersekat, memisahkan. inilah tindakan yang diambil oleh para marketer, yang secara mendalam dipikirkan melalui berbagai alasan mengapa seseorang seharusnya membeli produk Anda daripada produk pesaing Anda.
Kebanyakan konsumen tentu saja tidak memiliki perspektif atau cara pandang yang demikian. Mereka lebih cenderung mengesampingkan pengetahuan mengenai fitur-fitur dan keuntungan-keuntungan yang menjadi obsesi banyak marketer agar produk dan jasa mereka laris manis dibeli konsumen, ujar Godin.
"Diferensiasi
bukanlah bagaimana menjadi berbeda dari sekeliling kita. Inilah
pemahaman yang salah mengenai tulisan saya selama ini, yang biasanya
dilakukan oleh mereka yang bahkan belum pernah membacanya.." tulis
Godin.
Menjadi luar
biasa dan menonjol tidak memiliki kaitan erat dengan para marketer.
Penulis sejumlah buku laris ini mengklaim pihak yang berhak memberikan
cap "luar biasa" hanyalah para konsumen, bukan marketer. Itu karena
orang-orang inilah yang memang pendapatnya diperlukan dan harus
didengarkan. Jika orang (konsumen) membicarakan apa yang sedang kita
lakukan, itulah yang namanya "luar biasa", berdasarkan definisi yang
dikemukakan Godin.
sumber : ciputraentrepreneurship.com