Saturday 29 June 2013

Manajemen Waktu Untuk Kesuksesan


Siapa yang tidak ingin meraih kesuksesan, namun memang untuk meraih itu di butuhkan banyak usaha, salah satunya adalah menerapkan langkah manajemen waktu yang baik, mengatur waktu kita memang terkesan sulit, di tambah dengan ketidaksiplinan kita dalam menerapkannya. dan untuk itu kali ini saya akan menguraikan beberapa langkah atau sistem sebut saja begitu , untuk kesuksesan kita dengan menitikberatkannya pada yang namanya MANAJEMEN WAKTU. 


berikut uraiannya yang saya kutip dari  Astaga.com :

Tetapkan tujuan dan cita-cita hidup Anda 


Tanyakan pada diri sendiri, `Untuk apa saya hidup?' `Apa yang saya
inginkan?','Apa yang harus saya lakukan?'. Lalu tulis semua jawaban
Anda dalam sebuah buku. Ingat, tetapkan tujuan dan cita-cita yang
realistis dan terukur dalam arti sesuai dengan kemampuan Anda.
Karena orang-orang yang sukses dan bahagia adalah orang-orang yang
mengetahui tujuan hidup dan menyadari kemampuannya.

Lakukan perencanaan


Luangkan waktu Anda untuk membuat perencanaan hidup Anda. Tetapkan
rencana apa saja yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan dan
cita-cita hidup Anda. Buat rencana secara cermat. Misalnya rencana
untuk menyusun proposal, mengadakan presentasi, menemui klien,
memulai bisnis baru, dll.

Tetapkan skala prioritas


Setelah membuat perencanaan, buatlah daftar hal-hal yang harus Anda
capai dalam waktu dekat
. Misalnya, apa yang harus Anda raih dalam
minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya. Contohnya
minggu depan Anda harus sudah bisa `menggolkan' tender, bulan depan
Anda sudah menjalankan proyek penting, tahun depan Anda sudah bisa
menikmati hasil kerja Anda, dsb.

Batasi rencana Anda


Terlalu banyak rencana juga bukanlah hal yang baik jika Anda sadar
tidak mungkin mengerjakan semuanya. Rencana yang terlalu banyak
hanya akan membuat Anda stres. Bahkan jika Anda gagal mencapainya
Anda bisa frustasi. Buatlah rencana yang Anda yakin dapat
menyelesaikannya.


Luangkan waktu


Walau Anda sudah memiliki sejumlah rencana yang akan segera Anda
kerjakan, jangan lupa luangkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal
yang menyenangkan bagi Anda pribadi.
Misalnya tidur/beristirahat,
melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga dan sahabat, berolahraga,
belanja, dan bermain internet. Tetapi jangan sampai kesenangan itu
menyita waktu Anda sehingga mengesampingkan hal-hal yang lebih
penting. 


semoga bermanfaat dan salam sukses...



(sumber :  Astaga.com)