Saturday 29 June 2013

Beberapa Tips Manajemen Waktu Menjalankan Bisnis Internet


Ada pepatah kuno yang mengatakan bahwa waktu adalah uang. Namun, konsep waktu adalah uang bisa berubah apabila Anda tidak mengelolanya secara baik. Ketika menjalankan bisnis online, kita tidak akan menemukan seorang bos yang memberikan jadwal kapan harus istirahat, bekerja, makan siang, dan pulang ke rumah. Kitalah bosnya dan kita sendiri yang menjadi penentu jadwal.



Tanpa manajemen waktu yang baik, bisnis bisa tinggal kenangan, dan cita-cita yang terus kita agungkan hanya bisa tertunda dari waktu ke waktu. Apalagi, ketika Anda sedang menjalankan bisnis internet yang notabene begitu fleksibel dijalankan baik siang maupun malam. Justru dengan fleksibilitas tersebut, kita bisa terjebak dengan penundaan-penundaan pekerjaan yang pada akhirnya membuat semua pekerjaan tidak kunjung selesai. Di artikel ini saya ingin memberikan tips kepada Anda tentang pengelolaan waktu yang baik ketika kita sedang menjalankan bisnis internet.

1. Buat Jadwal Untuk Pagi Hari

Apa yang akan Anda kerjakan hari ini? Mulai dan selesai pukul berapa? Semua harus direncanakan dengan baik. Bangunlah di pagi hari, kemudian luangkan waktu cukup dengan 15 menit. Buatlah rencana dari satu jam pertama hingga satu jam terakhir di malam hari nanti. Jika sudah, segera kerjakan apa yang ingin anda kerjakan dan jangan tunda lagi.

2. Jangan Pernah Ada Korupsi Waktu

Setelah selesai satu pekerjaan, terkadang kita merasa jumawa dan seenaknya melakukan aktivitas yang tidak penting. Padahal, waktu beberapa menit yang kita manfaatkan untuk aktivitas yang tidak penting tersebut, dapat membuat pekerjaan lebih cepat selesai apabila dialokasikan untuk tetap bekerja. Jika Anda telah mengatur jadwal, maka patuhilah karena kesuksesan bisnis ditentukan oleh Anda sendiri sebagai Bos.

3. Tolak Jika Memang Tidak Sesuai Jadwal

Apakah Anda sering menerima interupsi tertentu yang tidak begitu penting? Kalau ya, maka bersiaplah merusak rencana yang telah dibangun. Mengindahkan interupsi kemudian berpaling dari pekerjaan bisa membuat Anda menunda, dan ketika kembali bekerja, belum tentu mendapatkan mood sama seperti sebelumnya. So, beranikanlah untuk menolak urusan yang tidak sesuai jadwal.

4. Jika Memang Mengganggu, Jauhi Dulu Social Media

Sosial media tentu sangat erat kaitannya dengan bisnis internet, terutama bagi yang berfokus di bidang social media marketing. Akan tetapi, apabila bidang Anda bukan disitu, maka jangan libatkan sosial media terlalu jauh ketika bekerja. Kita bisa terjebak dalam obrolan yang menguras waktu dan pada akhirnya akan menunda pekerjaan. Dalam konteks ini, dua browser yaitu Mozilla Firefox, dan Google Chrome telah menyediakan ekstensi yang bertugas untuk memblokir halaman situs termasuk Facebook dan Twitter dengan periode waktu sesuai dengan keinginan Anda.

5. Jangan Lupa Istirahat

Meskipun bisnis internet bisa dijalankan hanya duduk di depan laptop, atau bahkan sambil tiduran, namun istirahat juga tetap diperlukan. Cobalah mengalokasikan satu atau dua jam untuk tidur siang, dan Anda akan mendapatkan kondisi tubuh yang bugar kembali. Juga, istirahat di siang hari dapat mengurangi beragam risiko penyakit yang rawan muncul pada pebisnis online.

sumber :  jefferlysuperclub/Ahmad Wibawa.