Wednesday 24 August 2016

Dua Cara Mengatasi Pelanggan Yang Rewel


Dua Cara Mengatasi Pelanggan Yang Rewel
Dua Cara Mengatasi Pelanggan Yang Rewel - Sudah lama tidak update artikel, namun saya tiba tiba menulis topik yang bisa dibilang mencerminkan kekesalan, hehe. Tapi bukan kesal yang membuat segala hal menjadi tidak baik ya!! , justru semoga ini bisa menjadi pelajaran yang  berharga untuk kita semua. Kenapa saya mengangkat topik ini ? Setidaknya ada dua alasan.  Pertama, karena baru saja mengalaminya, saya di hadapkan oleh pelanggan yang sangat-sangat merepotkan, bukan hanya merepotkan, tapi juga membuat jengkel. Dan yang kedua adalah ingin berbagi pengalaman dan sedikit memberikan tips bagaimana sebenarnya cara paling baik menghadapi pelanggan yang rewel. 


Jika ada pepatah yang mengatakan bahwa pembeli adalah raja, maka itu memang benar. Mau se-rewel apapun pelanggan, namun tetap saja kita di tuntut untuk memberikan pelayanan terbaik. Alih alih memuaskan pelanggan, malah kita yang dibikin repot.  Namun sesuai pengalaman tadi ketika berhadapan dengan pelanggan yang rewel, saya dapat pelajaran berharga bahwa sebenarnya kita dapat mengatasinya dengan dua cara berikut ini dan ini cara paling baik menurut saya.


Berikut "dua cara mengatasi pelanggan yang rewel"

BERSIKAP SERAMAH MUNGKIN 




Ini point paling penting menurut saya, makin ramah kita terhadap seseorang, maka makin lunak juga hati mereka. Sebagai contoh ketika pelanggan bersikap rewel dan cenderung tidak menghargai kita, ada baiknya Anda langsung bersikap ramah, jangan tunjukkan kekesalan Anda, usahakan tetap memberikan senyuman dan sapaan yang hangat terhadap pelanggan. Toh tidak semua pelanggan seperti itu, ada yang baik juga kan ? :) sekali kali bertemu pelanggan seperti itu tidak akan membuat kita jatuh, justru latihlah sikap Anda menjadi pribadi yang lebih ramah,buat suasana sehangat mungkin. Ingat ! pembeli adalah raja.

Next !! lanjut dengan cara kedua 

ALIHKAN TOPIK PEMBICARAAN DENGAN MEMBAHAS TENTANG KELEBIHAN DARI PRODUK ATAU JASA YANG KITA JUAL



Jika pelanggan sudah agak rewel, sebaiknya Anda langsung alihkan pembicaraan. Anda dapat membuka topik pembicaraan baru, seperti membicarakan tentang manfaat dan kelebihan produk atau jasa yang ingin Anda jual. Pelanggan akan sangat antusias ketika Anda mulai menerangkan bahwa apa yang Anda jual memiliki kualitas terbaik, memiliki sebuah kelebihan yang mampu memberikan kepuasan kepadanya, serta  mempunyai manfaat lebih banyak dari produk atau jasa manapun. Jika Anda ingin pelanggan lebih senang lagi, Anda bisa membicarakan mengenai diskon atau potongan harga. Lakukan pendekatan terbaik dengan membicarakan keuntungan yang bisa merekaperoleh ketika memberi produk atau memakai jasa Anda.

Dua cara di atas benar-benar saya gunakan, dan hasilnya cukup ampuh. Pelanggan yang tadinya sangat rewel dan tidak menyenangkan, mendadak berubah menjadi baik, malah dikasih minum dan sedikit cemilan, lumayan kan :) hehehe . Jika Anda memiliki cara dan pendapat lain, Anda bisa tulis di kolom komentar, silahkan berbagi. Semoga tulisan ini bermanfaat.