Friday 5 July 2013

Arti Kesabaran Yang Tertuang Dalam Al Quran



Assalamu Alaikum Wr Wb,

 

Salam sejahtera untuk kalian semua, terutama semua umat Muslim diseluruh dunia, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ayat-ayat Al Quran yang berkaitan dengan kesabaran, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan pasti sangat berguna untuk kita semua dan semomga Allah SWT melimpahkan rahmatnya kepada kita semua, selamat membaca dan jangan lupa untuk mentadaburi tiap tiap kalimatnya.




Tatkala mereka nampak oleh Jalut dan tentaranya, merekapun (Thalut dan tentaranya) berdo'a: "Ya tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir".
(QS: Al baqarah 250)

Dan kamu tidak menyalahkan kami, melainkan karena kami telah beriman kepada ayat-ayat Tuhan kami ketika ayat-ayat itu datang kepada kami". (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepadamu").
(QS: Al A'raaf 126)

Ya'qub menjawab: "Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya".
(QS: Yusuf 86)

Mengapa kami tidak akan bertawakal kepada Allah padahal Dia telah menunjukkan jalan kepada kami, dan kami sungguh-sungguh akan bersabar terhadap gangguan-gangguan yang kamu lakukan kepada kami. Dan hanya kepada Allah Saja orang-orang yang bertawakal itu berserah diri".
(QS: Ibrahim 12)

Bersabarlah (hai muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan.
(QS: An Nahl 127)

Katakanlah: "Cukup Allah menjadi saksi antara aku dan kamu sekalian. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hambanya".
(QS: Al Israa' 96)

(Mereka berdo'a): "Ya Tuhan kami, lenyapkanlah dari kami azab itu. Sesungguhnya kami akan beriman."
(QS: Ad Dukhaan 12)

semoga dari setiap tulisan yang telah kita baca di atas dapat lebih menambah pengetahuan kita tentang arti dari sebuah kesabaran, karena sungguh tidak ada keraguan sedikitpun dari tiap isi dalam Alquran, karena Allah swt telah  menjamin itu, dan tiap-tiap kesabaran adalah baik bagi kita.


salam.