Tuesday 2 July 2013

Membuat Perencanaan Keuangan Itu Ternyata Tidak Sulit


Memiliki keuangan yang tetap stabil adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan keinginan ini. Memiliki kondisi keuangan yang baik sebenarnya mudah. Rahasianya terletak pada kemauan dan tingkat kedisiplinan kita sendiri.

Pada dasarnya, merencanakan keuangan itu tergantung pada kebijakan kita dalam mengalokasikan anggaran yang ada. Membuat rincian keuangan dan taat pada “aturan main” yang telah kita tetapkan sendiri.

Perencanaan keuangan yang baik memiliki beragam manfaat menarik, diantaranya:

1. Semua tagihan wajib seperti cicilan rumah, tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan, dll dapat dibayarkan dengan lancar dan lebih tepat waktu.

2. Memungkinkan kita menabung dan mempersiapkan dana darurat dengan baik. Tabungan yang direncanakan dengan baik akan memungkinkan kita mencapai apa yang diinginkan dengan tepat waktu, Dana darurat yang dipersiapkan dengan baik bermanfaat untuk menopang keuangan pada kondisi yang tidak diinginkan, misalnya disaat sakit.

3. Mempersiapkan hari tua dengan lebih baik lagi. Dengan merencanakan keuangan dan disiplin dalam menjalankannya, jumlah tabungan yang terkumpul untuk hari tua pun akan lebih banyak dan kita akan lebih siap dalam menjalaninya. Tentunya semua orang mendambakan untuk menjalani hari tua yang nyaman dan bebas dari kekhawatiran finansial.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara membuat anggaran keuangan yang baik?  silahkah simak tips-tips sederhana berikut ini:

1. Sejak pertama kali menerima gaji, jangan tunda-tunda untuk membayarkan semua kewajiban, seperti cicilan rumah dan kendaraan pribadi.

2. Buatlah sebuah akun bank khusus untuk tabungan. Menabung sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali, bahkan tabungan sedikit akan membuat sebuah perubahan besar dalam hidup. Tentukan jumlah tabungan, idealnya sejumlah 5-10% dari gaji bersih. Semakin besar kemampuan untuk menabung tentunya akan semakin baik.

3. Pada saat akan pergi berbelanja keperluan bulanan, catat apa saja yang hendak dibeli. Bedakanlah kebutuhan dan keinginan.

4. Hindari transfer uang ke akun bank berbeda untuk menghindari biaya transfer.

5. Siasati hobi dengan sebuah trik yang dapat menghemat uang. Sebagai contoh, bila kita memiliki hobi membaca buku dan menonton film, kita dapat meminjam buku dari perpustakaan dan meminjam film dari DVD rental.

6. Menyiapkan bekal makan dari rumah adalah ide yang bagus. Selain sehat dan terjamin kebersihannya, kita akan menghemat banyak uang bila dibandingkan dengan makan di rumah makan.

7. Usahakan untuk mengeluarkan uang lebih sedikit daripada apa yang direncanakan. Sebagai contoh, bila ingin membeli pakaian model terbaru, meski telah mengalokasikan uang sebesar Rp 1.00.000,00, kita dapat menyiasati dengan membeli baju tersebut dengan merk lain dan dengan harga yang lebih murah.

Membuat anggaran keuangan itu ternyata tidak sulit bukan? setidaknya jika kita mau mengikuti point-point penting diatas. selamat berencana untuk kelangsungan keuangan anda....salam sukses.


sumber :  mywealth