Wednesday 13 November 2013

Strategi Promosi




STRATEGI PROMOSI

Untuk berpromosi di era yang serba canggih seperti ini rasanya tidak terlalu sulit, hanya saja harus menyusun sebuah strategi berpromosi yang mumpuni. Anda bisa menggunakan media-media berikut ini untuk mempromosikan produk/jasa yang Anda miliki:


1. Blog
2. Jejaring sosial
3. Forum
4. Komentar di blog/situs
5. Blackberry Messenger (BBM)
6. Video
7. File Power Point
8. Email
9. PPC (Pay Per Click)
10. Iklan Baris Gratis



PROMOSI MELALUI BLOG

Berpromosi melalui blog adalah salah satu cara paling efektif dalam menjalankan bisnis affiliasi.

Selain karena Anda bebas memasang banner promosi di blog Anda sesuka hati, keunggulan dari berpromosi lewat blog adalah Anda bisa menjelaskan keunggulan dari produk yang Anda promosikan dengan lebih detail melalui artikel di dalam blog Anda tersebut.

Pengunjung blog Anda juga bisa berkomunikasi dengan Anda melalui kolom komentar sehingga terjadi komunikasi dua arah.

Elemen terpenting dalam berpromosi melalui blog adalah kualitas artikel. Artikel yang Anda tulis sebaiknya mengandung unsur berikut ini:

A). Pokok Permasalahan

B). Resiko Yang Bisa Terjadi

C). Saran-Saran Yang Bisa Anda Berikan

D). Referensi Yang Anda Rekomendasikan

F). Penutup


Di bagian penutup Anda bisa menuliskan rasa empati Anda terhadap masalah pembaca dan memberi dukungan moril untuk mereka untuk tetap berusaha mencari solusinya. Point-point di atas hanyalah gambaran bagaimana menyusun sebuah artikel yang memiliki kekuatan psikologis terhadap pembaca. Perlu diingat bahwa dalam menulis artikel hendaknya didasari oleh keinginan untuk membantu pembaca Anda mengatasi masalah mereka. Strategi ini hanya untuk membantu Anda dalam mengkonsep artikel yang menarik. Kualitas artikel akan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan promosi Anda lewat blog.


PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL

Untuk berpromosi di situs jejaring sosial Anda perlu bergabung dengan situs seperti Facebook dan Twitter. Untuk pasar Indonesia, kedua situs inilah yang Saya sarankan.

Caranya cukup jelas, yaitu dengan menempatkan link referensi Anda dalam status dan Tweet Anda. Tapi jangan sekedar link saja, disarankan untuk menuliskan kalimat dalam status dan tweet yang bunyinya adalah memberi solusi.


Catatan Penting: Sebaiknya dihindari penggunaan gaya bahasa dan gaya penulisan yang alay. :)


PROMOSI MELALUI FORUM ONLINE

Berpromosi di dalam forum adalah salah satu cara yang efisien dalam menjalankan bisnis affiliasi. Beberapa forum online yang cukup populer adalah Forum Detik dan Forum Kaskus.

Cara berpromosi di forum adalah sebagai berikut:

Bergabunglah dan jadilah bermanfaat dengan memberi solusi untuk pertanyaan member lain. Bangun kepercayaan terlebih dahulu sebelum menyarankan orang lain untuk mengunjungi website replika Anda. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam hal ini. Bila Anda bergabung dalam forum HANYA untuk berpromosi dan sangat minim dalam bersosialisai, maka akun Anda kemungkinan besar akan di-banned oleh moderator forumnya.



Catatan Penting:
Berkomunikasilah dengan member forum tanpa melakukan spam. mohon kiranya agar Anda juga tidak melakukan kegiatan spam dengan mengirim pesan massal ke inbox para member forum lainnya.


PROMOSI DENGAN BERKOMENTAR DI BLOG/SITUS ORANG LAIN

Anda juga bisa mempromosikan website replika Anda dengan menuliskan komentar di blog/situs orang lain.

Carilah blog yang ramai pengunjungnya dan tulislah komentar di bawah artikel yang paling pas denga tema Anda. Jangan lupa untuk menempatkan link referensi Anda di dalam kolom 'website' sebelum mulai menulis komentar.

Beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

- Berilah komentar ibarat seorang ahli
Tujuan berkomentar selain untuk mendapatkan backlinks, juga untuk menarik perhatian pengunjung lain untuk mengunjungi website replika Anda. Maka dari itu komentar Anda harus berkualitas.

Triknya, dalam komentar Anda sertakan solusi yang jelas dan tepat. Untuk memastikan kualitas solusi yang Anda berikan, luangkan sedikit waktu untuk melakukan riset dengan cara browsing dulu di Google untuk mencari solusi yang lengkap. Kemudian setelah dapat informasinya lalu Anda tulis ulang dengan menggunakan kalimat Anda sendiri. Pengunjung blog lain akan tertarik dengan jawaban Anda yang kedengarannya sangat 'ahli'.

- Jadilah kontroversial
Trik yang satu ini bisa Anda coba bila Anda cukup malas untuk melakukan riset di Google. Cukup dengan berkomentar yang bernada 'membantah' isi dari artikel dalam blog tersebut.

Membantah di sini tentu saja harus berada dalam koridor tata krama dan kesopanan. Ingat selalu tujuan Anda yaitu berusaha untuk mencari perhatian pengunjung lain agar mereka penasaran dan berpikir "Siapa sih nih? Situsnya apa sih?" Jadi, bila Anda kurang sopan, maka tentu saja pengunjung lain akan kurang respek pada Anda.

Mungkin mereka mengklik link referensi Anda dan mengunjungi website Anda, tapi mereka enggan membeli karena sudah duluan merasa kurang nyaman dengan komentar Anda tadi.

Yang perlu diperhatikan dalam berkomentar:

- Jangan berkomentar yang tidak nyambung
Komentar yang bergaya Jaka Sembung Bawa Golok hanya akan merugikan Anda dan bisnis Anda sendiri. Berkomentarlah dengan relevan dan sopan

- Jangan spam
Hindari untuk berkomentar secara massal terutama dengan bantuan software otomatis

- Hindari menempatkan link referensi terlalu sering
Jika Anda menempatkan link referensi Anda terlalu banyak di dalam komentar, besar kemungkinan pemilik blog tidak akan menerbitkan komentar Anda karena adanya kecurigaan Anda cuma memanfaatkan blognya untuk berpromosi.


BERPROMOSI MELALUI BLACKBERRY MESENGER

Bagi Anda yang menggunakan Blackberry, sebuah keuntungan buat Anda karena bisa menggunakan fasilitas Blackberry Messenger untuk melakukan kegiatan promosi.

Caranya adalah dengan mengirimkan broadcast message kepada semua kontak yang ada di BBM Anda. Perlu diperhatikan untuk tidak mengirim broadcast message terlalu sering karena akan mengganggu para kontak Anda tentunya.

Trik dalam berpromosi lewat BBM adalah dengan mengirim pesan yang NATURAL. Isi pesan mengandung unsur 'membagi informasi' dan sama sekali harus menjauhi kalimat yang megandung unsur promosi.

Tempatkan diri Anda sebagai teman yang membagikan informasi tentang solusi cara cepat hamil dengan harapan informasi tersebut bisa membantu rekan-rekan Anda, sanak keluarga mereka atau mungkin rekan mereka yang lain.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah sebaiknya Anda menggunakan fasilitas URL shortener untuk link Anda. Anda bisa menggunakan fasilitas dari bitly.com atau Goo.gl untuk memendekkan link referensi Anda.

Catatan Penting : gunakan kalimat persuasif di akhir kalimat untuk mengajak rekan-rekan Anda mem-forward pesan Anda tersebut. Metode ini sudah terbukti sangat ampuh untuk menyebarkan link referensi dengan cepat dan efektif.

BERPROMOSI MELALUI VIDEO

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa situs-situs video semakin populer di Indonesia seiring semakin baiknya kecepatan koneksi internet. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan situs video seperti Youtube, Vimeo dan Viddler untuk mempromosikan website Anda.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan video marketing tentunya sudah tidak mengalami kendala berarti. Tapi untuk para affiliasi yang belum pernah menjalankan promosi melalui Youtube mungkin akan merasa sedikit bingung.


BERPROMOSI MELALUI POWER POINT ONLINE

Anda agak kesulitan dalam membuat video? Anda tetap bisa berpromosi dengan metode yang sama namun caranya jauh lebih mudah. Caranya adalah dengan mengupload ke www.slideshare.net file presentasi yang dibuat dengan aplikasi seperti Microsoft Power Point.

Caranya sangat mudah. Anda tinggal menggunakan aplikasi Microsoft Power Point dan menuliskan kalimat-kalimat promosi Anda di dalamnya. Sebaiknya Anda menggunakan pola menulis artikel blog sperti yang telah kami jelaskan di bagian awal panduan ini untuk memastikan promosi Anda cukup kuat untuk aspek psikologis calon konsumen.

File presentasi yang Anda buat tidak harus menggunakan gambar-gambar terlalu banyak. Presentasi yang simpel pun tidak masalah. Yang perlu diingat di sini adalah jenis font yang Anda pakai harus mudah dibaca. Ukurannya jangan terlalu besar dan jangan pula kekecilan.

Setelah file selesai dibuat, daftarkan diri Anda di www.slideshare.net dan upload file tadi. Jangan lupa untuk menyertakan link referensi Anda di kolom 'description' yang tersedia.

BERPROMOSI MELALUI EMAIL

Promosi melalui email adalah salah satu metode yang paling dahsyat dalam internet marketing di dunia. Caranya Anda bisa memanfaatkan layanan email autoresponder seperti Aweber, iContact atau GetResponse.

Untuk memulai promosi lewat email pastinya Anda membutuhkan daftar email terlebih dahulu. Daftar email ini bisa Anda dapatkan dengan membuat kolom opt-in di blog Anda. Kolom opt-in tersebut adalah kolom tempat pengunjung Anda menuliskan nama dan alamat email mereka. Bila Anda menggunakan jasa autoresponder maka nama dan alamat mereka langsung terekam di database akun Anda.

Tentu saja Anda harus memberikan 'hadiah' untuk menarik minat pengunjung blog Anda mengisi kolom opt-in. Hadiah yang Anda berikan bisa berupa ebook, aplikasi gratis, file audio atau yang lainnya. Tanpa 'hadiah' seperti ini maka akan sangat sulit mengharapkan pengunjung blog Anda mengisi opt-in.

Bila daftar alamat email Anda sudah cukup banyak, maka Anda bisa mulai mengirim pesan massal dan juga membuat jadwal pengiriman email secara berkala. Kedua fitur inilah yang ditawarkan oleh perusahaan seperti Aweber, iContact atau GetResponse.

BERPROMOSI MELALUI IKLAN BARIS GRATIS

Ada banyak sekali layanan iklan baris di internet, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Nah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas iklan baris gratisan untuk mempromosikan web replika Anda.

Silahkan cari di Google.com dengan kata kunci "iklan baris gratis" dan Anda akan menemukan ribuan situs pemasangan iklan baris gratis di sana.

Umumnya untuk memasang iklan baris gratis tidak membutuhkan pendaftaran apa-apa, langsung saja masukkan detail iklan Anda dan penjelasan seputar iklan yang Anda pasang. Jangan lupa untuk memasang URL web Anda ketika mengisi kolom website.


BERPROMOSI MELALUI IKLAN PAY PER CLICK (PPC)

Bila Anda belum memiliki pengalaman sebelumnya dengan program periklanan pay per click (PPC) seperti misalnya Google AdWords atau PPC lokal Indonesia (AdRewa.com, KlikSaya.com, AdsenseCamp, dsb), maka Saya tidak menyarankan Anda untuk menjalankan metode promosi yang satu ini.

Untuk memaksimalkan promosi lewat program PPC dibutuhkan waktu untuk bereksperimen dengan berbagai pengaturan yang cukup rumit untuk pemula.

Bila Anda memiliki dana yang cukup Anda tentu bisa belajar menggunakan PPC karena metode promosi ini kelak bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis apapun yang Anda jalankan di internet.

Hanya saja, Saya tidak bertanggung jawab terhadap resiko tingginya dana yang Anda keluarkan. Seperti yang telah Saya sebutkan tadi, untuk Anda yang belum berpengalaman bermain program PPC, Saya sarankan untuk menggunakan metode-metode sebelumnya yang tidak membutuhkan biaya apa pun.

************

Demikianlah beberapa strategi promosi efektif yang bisa Anda praktikkan untuk memaksimalkan promosi website Anda.

Dengan melakukan promosi dengan metode yang telah terbukti berhasil seperti di atas, maka Anda akan dapat benar-benar memaksimalkan penghasilan Anda.


salam : maasarie

1 komentar:

Write komentar
1 January 2014 at 19:50 delete This comment has been removed by the author.
avatar