Wednesday 3 July 2013

Cara Membuat Tampilan Blog Terlihat Profesional



Apakah yang membuat sebuah blog terlihat lebih professional di mata pengunjung? Tampilan kah? Widget kah? konten? atau yang lainnya? Sebenarnya semua cukup penting dalam blog professional.

Sebagian besar blogger tidak memperhatikan syarat-syaratnya, termasuk saya mungkin, kita tidak terlalu memperhatikan tampilan blog itu sendiri tanpa melihat atau memikirkan sudahkah blog kita terlihat tampak profesional, yang penting menurut kita keren, terlihat wow, terlihat heboh dengan gambar disana sini, memasang widget berlebihan, dan terlebih lagi kita tidak memikirkan kesan blog kita di mata pengunjung,  Padahal seorang blogger proffesional lebih mengutamakan kepuasan pengunjung.



Berikut syarat-syarat blog professional yang saya kutip dari rochyannr.com :


Konten


Ini menjadi dasar dan yang utama dalam membentuk blog professional. Jika konten anda original, unik, dan tentunya bermanfaat bagi pembaca, maka pembaca pun suka dan menilai kalau blog tersebut professional, dan mereka akan mencari konten lain di dalam blog.


Widget 


sebagian Blogger mengunakan widget tidak seperlunya atau berlebihan, mentang-mentang banyak sekali penyedia widget di dunia mereka menghiasi setiap tempat di blognya agar terlihat cantik. Padahal perilaku tsb akan mengganggu pengunjung dan memperlambat proses loading, pengunjung pun akan frustasi dan meninggalkan blog anda.


 Jadi, usahakan memasang widget yang terpenting saja. seperti :



alexa widget
recent post
kategori
popular post
translator
mesin pencari 

tidak perlu memasang jam, kalender, atau apalah yang tidak penting yang bisa kita cari di luar blog.

Iklan


Usahakan seminim mungkin dalam memilih iklan. Jangan penuhi blog agan dengan iklan dimana-mana, apalagi obat kuat, situs bokep #eh. dll

Blogger professional bisa memilih iklan seminim mungkin tetapi menghasilkan penghasilan yang lebih, sebagai contoh google adsense. mungkin cukup hanya dengan iklan adsense saja.

Warna blog


Pilih warna yang tidak terlalu mencolok, dan pilih satu warna saja. Jangan buat background bergambar penuh yang akan membuat lambat proses loading dan membuat bingung pengunjung.


Kreatif


Blogger professional bisa sekreatif mungkin menghias blognya tanpa membuat resah pengunjung. Mereka bisa membuat hal baru yang mungkin belum ditemukan pengunjung. PEngunjung pun akan semakin suka dengan blog anda.


Komunikasi


Seorang blogger harus selalu bisa duhubungi oleh pengunjung, contoh menjawab pertanyaan dari komentar. memberikan akun twitter dan facebook dll juga bisa dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan.



mungkin itu saja sementara, dan coba terapkan dalam blog Anda, saya sendiri masih berusaha keras agar blog saya lebih terlihat profesional, mohon beri masukan anda lewat kolom komentar agar kita dapat lebih berbagi ilmu dalam dunia blogging yang kian keren ini, hehehehehe... salam sukses.



sumber : http://www.rochyannr.com