Monday 12 August 2013

Pentingnya Sebuah Ilmu Pendidikan


Pendidikan merupakan ilmu yang dapat kita pelajari. Dengan kata lain, pendidikan sangat erat kaitannya dengan pengetahuan. Di era globalisasi seperti sekarang ini, pendidikan memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan taraf hidup. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa tingkat kesejahteraan pada umumnya sangat bergantung pada tinggi rendahnya tingkat pendidikan. Seseorang dengan pendidikan yang tinggi akan memiliki tingkat kesejahteraan yang baik, sebaliknya seseorang dengan pendidikan yang rendah akan memiliki tingkat kesejahteraan yang kurang baik. Mungkin anggapan itu tidak benar seutuhnya, banyak orang di luar sana yang berpendidikan rendah, tetapi mereka mempunyai tingkat kesejahteraan yang tinggi. 


Ilmu atau pendidikan sangat penting bagi kehidupan seorang manusia dan bangsa secara luas.
Pendidikan memiliki dua fungsi yaitu mencerdaskan dan mensejahterakan. Dalam konteks mencerdaskan sudah jelas pendidikan akan membebaskan dari buta huruf dan sebagai sarana untuk meraih kenaikan jenjang. Sedangkan fungsi mensejahterahkan membuat pendidikan berperan dalam sejahtera atau tidaknya kehidupan seseorang.

Jika diikuti dengan akhlak yang baik maka semakin tinggi pendidikan seseorang maka akan semakin baik juga kesejahteraannya. " Kita perlu membangun kesadaran mengenai pentingnya pendidikan bagi bangsa,"

Rosulullah  Muhammad SAW dalam hadistnya juga mengatakan agar umatnya menuntut ilmu sejauh mungkin dan sebanyak mungkin. Selain itu, Islam juga menganjurkan umatnya untuk terus belajar melalui wahyu pertama yang berbunyi Iqra' atau membaca.

Hal ini, menunjukkan perhatian yang begitu besar bagi Islam terhadap pendidikan dalam kehidupan umatnya.

Kewajiban untuk meraih pendidikan setinggi mungkin sudah jelas di sebutkan. Allah SWT, akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu dihadapanNya. Selain itu Nabi Muhammad mengatakan barang siapa yang tidak menyukai ilmu, maka dia akan celaka.

"Hendaknya kita selalu membuka diri terhadap ilmu dan terus menerus meningkatkan pengetahuan dan pendidikan kita karena Islam sendiri mengharuskannya,"

Mengingat betapa pentingnya sebuah pendidikan, maka sudah sewajarnya kita sebagai orang tua yang menginginkan kecerahan masa depan putra putri kita  harus mulai memikirkan langkah kedepan untuk setidaknya menjamin kelangsungan pendidikan mereka, biar bagaimana pun sebuah pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama demi terciptanya bibit manusia berilmu yang lebih mumpuni di masa depan. khususnya bagi penerus kita dalam keluarga, dalam hal ini anak keturunan kita.